Makalah Pelestarian Lagu Daerah Menggunakan Media Elektronik
PENGENALAN LAGU DAERAH
MELALUI MEDIA ELEKTRONIK
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Budaya
adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah
kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari
banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat,
bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga
budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak
orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis salah satunya lagu khas
daerah.
Lagu
daerah atau musik daerah ini biasanya muncul dan dinyanyikan atau dimainkan
pada tradisi-tradisi tertentu pada masing-masing daerah, misal pada saat
menina-bobok-kan anak, permainan anak-anak, hiburan rakyat, pesta rakyat,
perjuangan rakyat, dan lain sebagainya. Lagu kedaerahan biasanya merujuk kepada
sebuah lagu yang mempunyai irama khusus bagi sebuah daerah.
Tetapi
masyarakat saat ini cendrung lebih sering mendengarkan lagu-lagu modern
sehingga membuat masyarakat saat ini lebih mengenal lagu-lagu modern dan
melupakan lagu tradisional. Tidak sedikit lagu-lagu daerah ini yang sudah punah
dan dilupakan akibat adanya modernisasi.
Tentu
saja modernisasi berdampak pada kebudayaan, akibat modernisasi banyak
budaya-budaya Indonesia yang sudah mulai dilupakan dan digantikan oleh
budaya-budaya modern. Bahkan tidak sedikit generasi muda jaman sekarang yang
tidak tahu budaya-budaya Indonesia.
Berbicara
soal modernisasi saat ini, tentu modernisasi tak bisa luput dari teknologi,
teknologi merupakan perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan
dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.
Perkembangan
teknologi sekarang sudah tidak dapat dihindari lagi, masyarakat pengguna teknologi
pun tanpa disadari sudah mulai mengikuti perkembangannya. Jika kita tidak dapat
memilah yang baik maka akan berdampak buruk.
Adanya teknologi baru dapat
menciptakan kebudayaan yang baru pada masyarakat serta teknologi sebagai
pertanda kemajuan kebudayaan. Semakin berkembangnya teknologi dimana informasi
apa saja bisa masuk dalam kehidupan masyarakat kita, berarti ikut serta
mempengaruhi tergesernya nilai-nilai budaya Indonesia ini. Banyak masyarakat
Indonesia, terutama generasi muda kebanyakan lebih suka terhadap budaya asing
ketimbangkebudayaan Indonesia sendiri. Hal ini menuntut kita untuk lebih
waspada dalam menerima budaya luar/asing.
1.2 Rumusan Masalah
1. Pengertian
lagu daerah,budaya, teknologi
2. Dampak
kemajuan teknologi terhadap budaya khususnya lagu-lagu daerah nusantara
3. Bagaimana
cara untuk mengenalkan lagu-lagu daerah dengan menggunakan teknologi kepada
generasi muda
1.3 Tujuan
·
Agar lagu-lagu daerah tidak mengalami kepunahan
·
Agar lagu-lagu daerah sesuai dengan perkembangan zaman
·
Membuat inovasi baru untuk mengenalkan lagu-lagu daerah
kepada generasi muda
·
Membuat lagu-lagu daerah lebih mudah dikenal
·
Agar masyarakat tidak melupakan lagu-lagu daerah
·
Memanfaatkan teknologi sebagai media pengenalan budaya
Bab II
PEMBAHASAN
2.1PENGERTIAN
A.
LAGU DAERAH
Lagu daerah atau musik daerah atau lagu
kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah
tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut
maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui
lagi alias noname
Lagu daerah bersifat turun temurun bentuk lagu, lazimnya dinyatakan
dalam syair atau lirik bahasa daerah di wilayah tersebut. Bahasa dan dialek
yang digunakan kadang sulit dipahami maksud dan tujuannya, namun memiliki makna
yang mendalam. Bentuk pola dan susunan melodi sangat sederhana sehingga mudah
dikuasai masyarakat setempat. Lagu daerah biasanya diwariskan secara lisan dan
berkembang sesuai kondisi sosial budaya dan alam daerah tersebut, sehingga tiap
daerah berbeda dengan daerah lainnya. Lagu daerah dibangun dari irama, syair
dan instrumen, dan memiliki ciri-ciri syair yang mengisahkan budaya setempat,
tatacara kehidupan sehari-hari, dan adat istiadat suatu daerah
B.
BUDAYA
Budaya
adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah
kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari
banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa,
perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya,
merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang
cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha
berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan
perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Ada pendapat lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi.
Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Ada pendapat lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi.
C.
TEKNOLOGI
Teknologi ini dapat diketahui melalui barang-barang,
benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan
dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga
memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne)
manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang
berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman
seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”.
Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari
manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi
suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi
bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan
dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta”
yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk
dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.
2.2
Dampak teknologi terhadap budaya
Dampak kemajuan teknologi telah menimbulkan pengaruh yang
besar terhadap budaya Indonesia. Saat ini, ketika teknologi semakin maju, ironisnya
kebudayaan-kebudayaan daerah tersebut semakin lenyap di masyarakat. Masyarakat sudah mulai melupakan
budaya yang ada dan cenderung mengikuti budaya-budaya luar agar tidak
ketinggalan zaman. Tak dapat dipungkiri kini
budaya Indonesia hampir ditinggalkan oleh para generasi penerus bangsa.Media
teknologi telah menguasai remaja Indonesia masa kini. Merekatidak pernah
menyempatkan diri melihat budaya sendiri, apalagi mengenalnya.Pudarnya kemenarikan
musik nusantara tidak hanya karena
teknologi informasi, namun juga pergeseran pemahaman mengenai budaya. Menurut
para pemuda, musik nusantara dianggap begitu membosankan,kampungan, tidak
keren, kuno dan lain sebagainya. Budaya-budaya asing telah mengalihkan
perhatian para generasi muda dari warisan nenek moyang mereka yang telah susah
payah melestarikannya selama ratusan tahun.Walau demikian musik nusantara
memiliki tempatnya sendiri di dunia modern kini, walau dalam porsi yang kecil.
Musik nusantara sering dipentaskan pada acara besar semacam wisuda, pernikahan
berbasis adat, penyambutan tamu dan festival-festival budaya. Namun demikian
modernisme tetap menggusur nusantara dari tempatnya di hati. Namun dibalik
banyaknya dampak negatif ternyata masih ada dampak positif dengan kemajuan
teknologi . kita bisa mengenalkan kepada generasi muda dengan melalui media
social seperti youtube,spotify,joox dan media lainya.
2.3 cara untuk mengenalkan lagu-lagu daerah dengan
menggunakan teknologi kepada generasi muda
ada banyak cara untuk
melesatrikan budaya budaya Indonesia. Salahsatunya dengan media elektronik.
Kita bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Kita bisa memproduksi lagu-lagu ini
menggunakan aplikasi musik masa kini agar dapat mudah diakses dan didengarakan,
atau kita bisa membuat aplikasi yang lucu dan seru untuk membuat ketertarikan
orang untk memakai aplikasi itu. Aplikasi tersebut mengganti wajah yang
memkainya dengan animasi animasi lucu yang sedang melakukan tarian-tarian
daerah dan diiringi oleh lagu lagu daerah sebagai pengiringnya.
Untuk membuat
aplikasi-aplikasi ini diperlukan alat bantu berupa beberapa fitur yang mendukung kerja dari Android sendiri,
antara lain :
1. Application framework;
2. Dalvik virtual machine (DVM), dioptimalkan untuk
perangkat mobile.;
3. Browser yang terintegrasi;
4. Grafis yang dioptimasi, didukung oleh library grafis 2D
yang custom; grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 1.0;
5. SQLite, untuk penyimpanan data terstruktur;
6. Media pendukung, untuk audio, video dan gambar dalam beberapa
format (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF);
7. GSM Telephony (bergantung pada hardware yang digunakan);
8. Bluetooth, EDGE, 3G dan WiFi (bergantung pada hardware yang
digunakan);
9. Camera,
GPS, compass dan accelerometer (bergantung pada hardware yang digunakan).Lingkungan
pengembang yang lengkap, termasuk perangkat emulator, alat untuk debug, memori
dan kinerja profil, serta plugin untuk Eclipse.
Ada juga alat bantu untuk membuat aplikasi ini:
Android
studio
Android Studio
merupakan lingkungan pengembangan Android baru berdasarkan IntelliJ IDEA. Mirip
dengan Eclipse dengan ADT Plugin, Android Studio menyediakan alat pengembang
terintegrasi untuk pengembangan dan debugging.
Arsitektur
android studio
1. Gradle Built
System
Gradle
adalah alat built system otomatis yang dibangun berdasarkan konsep
Apache Ant Apache dan Maven dan memperkenalkan Groovy berbasis domain-spesifik
bahasa (DSL) bukan bentuk XML yang lebih tradisional untuk konfigurasi proyek.
Gradle menggunakan grafik asiklik ("DAG") untuk menentukan urutan
tugas agar dapat dijalankan.
Android SDK
Android SDK
adalah tools API (Application Programming Interface) yang diperlukan untuk
mulai mengembangkan aplikasi pada platform android menggunakan bahasa
pemrograman Java. Android merupakan subset perangkat lunak untuk ponsel yang
meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci yang di release oleh
Google.
Object
Oriented Programming (OOP)
Object-oriented
programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan
kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam
kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses
data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. (Pierce, Benjamin 2002)
Cloud storage
Cloud
Storage adalah
layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat
dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut
melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server
pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut
dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan
penyimpanan file yang dapat diakses dari internet.
Alat bantu
analisis dan perancangan
a. Unifed
Modeling Language (UML)
UML adalah
bahasa grafis untuk menggambarkan, membangun, dan mengkomunikasikan sistem
perangkat lunak menggunakan diagram
Pengujian
Software
Dalam
pengujian software, penulis menggunakan pengujian black box karena lebih
dipahami dan lebih mudah diketahui letak kesalahannya baik dari proses
programnya maupun tampilan atau output yang dihasilkan.
Pengujian black
box :
1. Pengujian black box berfokus pada persyaratan fungsional
perangkat lunak.
2. Disebut juga pengujian behavioral atau pengujian
partisi.
3. Pengujian black box memungkinkan perekayasa perangkat
lunak mendapatkan serangkaian input yang sepenuhnya menggunakan semua
persyaratan fungsional untuk suatu program.
4. Pengujian black box berusaha menemukan fungsi-fungsi
yang tidak benar atau hilang
a. Kesalahan interface.
b. Kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal.
c. Kesalahan kinerja.
d.
Inisialisasi dan kesalahan terminasi.
Skenario
sistem
Skenario
sistem merupakan tahapan yang mendeskripsikan arsitektur sistem yang berjalan
adalah sebagai berikut :
1.Pengguna (user) akan berinteraksi dengan sistem melalui
aplikasi yang terinstal pada handphone yang mendukung sistem operasi android
minimal versi 2.3 Gingerbread.
2. Aplikasi
yang telah terinstal pada perangkat mobile akan menampilkan informasi
dan lirik lagu daerah Indonesia.
3.
Aplikasi yang telah terinstal pada perangkat mobile akan mengeluarkan
suara lagu daerah
Use
Case Diagram
Use
case diagram
digunakan untuk mempresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem,
sehingga pengguna bisa mengetahui sistem aplikasi yang akan dirancang.
Activity
Diagram
Diagram
Activity merupakan suatu cara dalam menggambarkan berbagai aliran
aktivitas dalam sistem yang sedang di rancang, hal itu dapat dilihat dari
bagaimana sistem tersebut berawal dan bagaimana sistem tersebut berakhir.
Sequence
Diagram
Diagram
Sequence merupakan metode dalam menggambarkan suatu diagram yang saling
berinteraksi antar objek dan tersusun dalam suatu urutan waktu atau kejadian.
Diagram ini juga memeperlihatkan tahap-tahapan yang seharusnya terjadi sehingga
dapat menghasilkan sesuatu di dalam use case.
Class
Diagram
Class
Diagram digunakan untuk menggambarkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam
sistem. Diagram ini juga memberikan gambaran sistem secara statis dan relasi
antar mereka.
Component
Diagram
Diagram
component menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti
lunak termasuk ketergantungan (dependency). Komponen piranti lunak yang
dimaksud adalah modul yang berisi source code atau binary code,
yang ada library atau excutetable yang muncul pada compile
time, link time, ataupun pada runtime. Berikut adalah
gambaran pada sistem aplikasi yang diusulkan
Deployment
Diagram
Diagram
Deployment menggambarkan secara rinci bagaimana komponen di-deploy dalam
infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada perangkat keras apa)
Perancangan
Arsitektur Jaringan
Arsitektur
jaringan pada aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan internet melalui smartphone.
Gambaran untuk arsitektur jaringan untuk aplikasi pengenalan lagu daerah
berbasis mobile
2.4 KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN
Kelebihan:
·
masyarakat dapat mudah mendengarkan lagu-lagu daerah tanpa harus
mengunjungi festival kebudayaan
·
lebih mudah diakses
·
menghemat biaya
·
bisa didengarkan kapan saja
Kekurangan:
·
aplikasi harus diperbarui
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kemajuan teknologi
tidak hanya berdampak negatif, tetapi masih banyak juga dampak positif yang
dapat kita manfaatkan sebagai media untuk membuat inovasi dalam pelestarian
budaya-budaya Indonesia. Berdasarkan pembuatan Aplikasi Pengenalan Lagu Daerah
Berbasis Mobile Dalam Upaya Melestarikan Lagu-Lagu Daerah maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Pembuatan aplikasi ini dapat melestarikan lagu-lagu daerah yang
ada di Indonesia.
2. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat mendapatkan pengetahun
tentang lagu-lagu daerah di Indonesia yang beragam.
3. Pembuatan
aplikasi ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengenal lagu-lagu
daerah di Indonesia.
3.2 Saran
Dalam
pembangunan Aplikasi Pengenalan Lagu Daerah Berbasis Mobile Dalam Upaya
Melestarikan Lagu-Lagu Daerah Pada generasi muda ini masih jauh dari sempurna
dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan dan
penyempurnaan lebih lanjut. Adapaun saran agar aplikasi ini bisa berfungsi
dengan lebih optimal dan lebih menarik adalah sebagai berikut :
1. Pada aplikasi ini hanya menampilkan lagu daerah berdasarkan
provinsi, tanpa membuat kategori pulau. Untuk pengembangan lebih lanjut
sebaiknya dapat lebih tersusun sesuai kategori pulau.
2. Masih banyaknya lagu daerah yang belum ada di aplikasi ini,
untuk itu dapat dikembangkan selanjutnya untuk menambah lagu-lagu daerah yang
tidak ada di aplikasi ini.
3. Untuk
pengembangan selanjutnya dapat juga menambahkan di platform mobile lainnya
seperti BlackBerry OS da iOS, agar jangkauan pengguna lebih luas.
DAFTAR PUSTAKA
REFERENSI BUKU
Abdul Kadir. 2004. Dasar Pemrograman Java 2. Yogyakarta:
Andi.
Azis, Sholecul. 2012. Sekali Baca Langsung Inget:
Mengupas Lengkap All About Android. Jakarta: Kuncikom.
REFERENSI JURNAL
REFERENSI INTERNET
luckyniki casino in japan
BalasHapusLuckyniki casino in 바카라사이트 japan. Slot machine jackpot online This is the best ラッキーニッキー game 12bet you will have been to in our database. It has been played in a casino casino